Dapatkan Tubuh Yang Sehat Dengan Banyaknya Manfaat Lari Pagi

Bangun pagi memang memiliki banyak manfaat. Apalagi, hangatnya sinar matahari dan segarnya udara pagi sangat sayang untuk dilewatkan. Andapun bisa mengisi pagi Anda dengan aktivitas positif seperti lari. Apakah Anda tahu manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh?

Lari pagi memiliki segudang manfaat baik bagi kesegaran pikiran ataupun kesehatan tubuh. Lari pagi juga dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat sehingga Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

6 Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan Anggota Tubuh

Lari pagi adalah olahraga yang fleksibel dan mudah karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Selain itu, lari pagi tidak membutuhkan alat olahraga yang lengkap. Hanya dengan sepatu yang nyaman, Anda bisa olahraga lari pagi dan mendapatkan manfaat yang banyak.

  • Otot menjadi lebih kuat

Lari pagi secara rutin dapat menjaga kesehatan dan menguatkan otot. Otot Anda akan menjadi lebih padat dan kuat sehingga otot tidak akan mudah sakit. Hal ini karena ketika otot Anda dilatih setiap hari, otot akan beradaptasi dan semakin kuat.

Baca Juga:  6 Menu Makanan Sehat Yang Sangat Diperuntukkan Bagi Tubuh

Tetapi, jika Anda tiba-tiba berhenti berolahraga secara rutin, otot pun akan kembali melemah dan hilang kekuatannya. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki otot yang kuat sebaiknya Anda berolahraga secara konsisten agar kekuatan otot tetap terjaga.

  • Menjaga kesehatan Jantung

Jantung merupakan pusat dari tubuh manusia. Menjaga jantung tetap sehat sangatlah penting karena jantung memiliki fungsi yang sangat penting yaitu memompa darah demi memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi untuk otot-otot di dalam tubuh.

Lari pagi secara rutin dapat membuat kondisi jantung menjadi lebih sehat. Kolesterol yang mengendap pada pembuluh darah pun akan berkurang sehingga Anda akan terhindar dari penyakit-penyakit jantung seperti jantung koroner.

  • Paru-paru dan sistem pernapasan lebih sehat

Lari pagi memberikan kesempatan Anda dalam mendapatkan udara yang segar dan memiliki oksigen tinggi. Apalagi, ketika berlari frekuensi nafas Anda akan meningkat sehingga udara yang kaya oksigen pun akan lebih banyak terhirup.

Oleh karena itu, olahraga pagi sangat disarankan untuk Anda yang memiliki penyakit saluran nafas seperti asma, bronchitis atau lainnya. Tapi, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter profesional karena lama dan frekuensi lari pagi setiap orang itu sangat berbeda.

  • Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Baca Juga:  5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat lari pagi yang keempat adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Penyakit tersebut bisa berupa infeksi saluran napas dan diabetes. Selain itu, lari pagi juga dapat menurunkan berat badan sehingga menjadi lebih langsing dan atletis.

Lari pagi juga akan menghilangkan rasa lelah, meningkatka produksi sel darah putih sehingga membangun kekebalan tubuh yang lebih kuat. Lari pagi secara rutin juga bisa meningkatkan energi dan mencegah stress.

  • Menurunkan tekanan darah

Bagi Anda yang memiliki penyakit hipertensi, sangat disarankan untuk melakukan lari pagi secara rutin. Lari pagi dapat menurunkan tekanan darah diastolik di malam hari. Lari membuat tekanan darah Anda menjadi lebih terkontrol.

Manfaat olahraga lari yang lainnya adalah dapat menurunkan kolesterol jahat yang terdapat di dalam darah sehingga tekanan darah pun ikut menurun. Mendengar alasan yang satu ini, pasti membuat Anda semangat untuk lari pagi bukan?

  • Meningkatkan kualitas tidur
Baca Juga:  Sayur dan Buah Untuk Diet Golongan Darah A

Sering sulit tidur di malam hari? Itu tandanya kualitas tidur Anda sangat buruk dan bisa jadi Anda memiliki gangguan tidur. Tetapi sekarang Anda bisa mengatasi masalah itu dengan lari pagi setiap hari.

Lari dapat melepaskan hormon endorphin yang membuat seseorang menjadi lebih tenang sehingga rasa cemah, gelisah, dan stress bisa menghilang. Apalagi energi yang terkuras ketika berlari akan membuat tubuh Anda beristirahat maksimal di malam hari.

Manfaat-manfaat di atas hanya sebagian kecil dari banyaknya manfaat lari pagi bagi tubuh. Jadi, untuk Anda yang merasa tubuh kurang fit dan sehat, sebaiknya meluangkan sedikit waktu di pagi hari untuk olahraga lari.

Agar kegiatan lari pagi Anda menyenangkan, kalian juga bisa mengajak teman, sahabat, keluarga, dan anak untuk lari pagi bersama-sama di sekitar komplek rumah. Yuk dapatkan tubuh sehat dengan lari pagi sebagai investasi di masa depan.

Kumpulan informasi kesehatan untuk Indonesia

Related Posts

Jangan Tidur Setelah Sahur, Hindari Risiko Ini

Jangan Tidur Setelah Sahur, Hindari Risiko Ini

Menjalani ibadah puasa adalah hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim ketika memasuki bulan Ramadan. Pada awal Ramadan, biasanya setiap orang akan menyambut dengan meriah bersama keluarga….

Cara Atasi Sembelit dengan Sederhana dan Cepat

Mengatasi Sembelit dengan Sederhana dan Cepat

Sembelit merupakan kondisi di mana buang air besar menjadi sulit merupakan masalah umum yang dapat mempengaruhi kualitas hidup kita. Dalam menghadapi sembelit ada berbagai cara sederhana yang…

Cara Detoks Tubuh yang Aman dengan Minuman Fiber

Cara Detoks Tubuh yang Aman dengan Minuman Fiber

Detoksifikasi tubuh adalah proses yang penting untuk membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Salah satu metode detoksifikasi tubuh yang aman dan efektif…

Penyebab Asam Lambung Naik Yang Membahayakan Nyawa

Penyebab Asam Lambung Naik Yang Membahayakan Nyawa

Penyebab asam lambung naik adalah organ lambung sedang tidak sehat atau mengalami masalah kesehatan tertentu. Asam lambung merupakan cairan yang tidak berwarna, diproduksi oleh dinding lambung. Fungsi…

Gaya Hidup Sehat Agar Terhindar dari Serangan Jantung

5 Gaya Hidup Sehat Agar Terhindar dari Serangan Jantung

Tahukan Anda bahwa penyakit jantung sampai saat ini masih menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan. Maka dari itu kita sangat disarankan selalu menerapkan gaya hidup yang…

3 Top Minuman Pelangsing Bisakah Menggantikan Serat Buah dan Sayur

3 Top Minuman pelangsing, Bisakah Menggantikan Serat Buah dan Sayur?

Untuk Anda yang tidak suka mengonsumsi sayur dan buah, saat ini telah banyak minuman serat yang katanya bisa memenuhi kebutuhan serat Anda, bahkan lebih baik dibandingkan dengan…