Fakta Unik tentang Jantung yang Wajib Anda Tahu

Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang vital dan penting keberadaannya. Organ ini selalu berdetak setiap saat yang menandakan masih adanya kehidupan. Detak jantung biasanya dapat dirasakan terutama ketika seseorang sedang cemas atau merasa takut. Selain itu, jantung juga sering dikatakan sebagai organ tubuh yang paling bekerja keras. Jantung terus-menerus memompa darah untuk kebutuhan seluruh organ tubuh lainnya.  Organ ini terdiri dari susunan otot yang bekerja terus-menerus selama 24 jam sekalipun tubuh Anda sedang tertidur. Oleh karena itu, jantung disebut sebagai organ yang paling vital dalam menunjang kerja seluruh tubuh manusia.

Di dalam organ jantung terdapat 4 ruang yakni serambi kiri (atrium sinister), serambi kanan (atrium dekster), bilik kiri (ventrikel sinister) dan bilik kanan (ventrikel dekster). Keempat  ruang tersebut memiliki fungsi masing-masing yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Fakta Unik Jantung

Jantung merupakan organ yang berfungsi sebagai pemompa darah dari dan atau menuju ke seluruh tubuh. Dengan fungsi tersebut membuat keberadaannya menjadi sangat vital bagi tubuh. Karena fungsinya yang penting bagi kelangsungan hidup, sangat penting bagi kita semua untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Selain fakta tersebut adakah fakta unik dan menarik mengenai jantung manusia? Berikut beberapa ulasannya:

Baca Juga:  Jangan Tidur Setelah Sahur, Hindari Risiko Ini

1. Tidak Pernah Istirahat

Jantung dapat dibilang sebagai organ pekerja keras sejati yang tangguh. Selain otak, jantung adalah satu-satunya organ di tubuh yang tidak pernah beristirahat. Dan sebenarnya terdapat kondisi dimana seseorang bisa mengalami kematian otak alias otaknya tidak berfungsi lagi, akan tetapi jantungnya masih tetap bekerja memompa darah. Jantung mulai bekerja pada saat manusia berumur 4 minggu di dalam rahim. Jadi , jika Anda ingin tahu sudah berapa lama jantung Anda bekerja? Anda bisa menghitungnya dengan cara menambahkan usia Anda sekarang dengan 8 bulan. Selama itulah jantung Anda sudah bekerja memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Dapat Bekerja di Luar Tubuh

Apakah Anda tahu, ternyata meskipun terlepas dari tubuh jantung masih dapat berdetak selama beberapa menit. Hal tersebut disebabkan karena jantung bekerja secara otonom, tanpa perintah dari otak. Jantung memiliki pemacu detaknya sendiri, yaitu simpul sinoatrial yang mengeluarkan impuls elektrik untuk membuat jantung berdetak. Setelah jantung terpisah dari tubuh, simpul sinoatrial masih tetap mengirimkan impuls yang membuat jantung bisa terus bekerja selama beberapa menit. Tentu saja jantung yang sudah keluar dari tubuh tidak akan bisa berdetak selamanya. Setelah 3-5 menit, jantung akan berhenti berdetak dan mati. Akan tetapi, dokter bisa mencegah itu dengan cara memasukkan jantung ke dalam kotak pendingin dan memberinya pasokan nutrisi. Jantung yang didinginkan akan berhenti berdetak, namun tidak mati. Daya tahannya bisa mencapai 4 jam dalam kondisi semacam itu. Setelah jantung didonorkan kepada pasien yang membutuhkan transplantasi jantung, suhu jantung tersebut mulai dihangatkan dan akan kembali berdetak seperti semula.

Baca Juga:  Rekomendasi Minuman Yang Bisa Melancarkan Pencernaanmu: Vegeta, FibreFirst, Flimty dan Yakult

3. Berdenyut Sebanyak 60 – 100 Kali per Menit

Menurut American Heart Association, jantung orang dewasa berdetak sekitar 100.000 kali setiap hari dan 3.600.000 dalam satu tahun. Sedangkan orang-orang yang memiliki denyut jantung lebih pendek, berdetak sebanyak 60 denyut per menit (bpm) dan jantung mereka berdetak sekitar 86.000 kali dalam satu hari.

4. Ukuran Jantung Setiap Orang Berbeda

Secara umum, jantung yang sehat rata-rata beratnya antara 250 – 300 gram (kira-kira berat apel) dan sedikit lebih besar dari ukuran kepalan tangan. Berat jantung pria diketahui lebih berat dari wanita, yaitu seberat rata-rata 280 gram, sedangkan jantung wanita beratnya rata-rata 220 gr. Ukuran jantung tiap orang pun berbeda-beda.

Baca Juga:  Sudahkah Kebutuhan Serat Anda Terpenuhi untuk Mencegah 3 Penyakit di Bawah Ini?

5. Jantung Berdetak Lambat Ketika Anda Tidur

Ketika malam atau sedang tidur, jantung akan berdetak di bawah 60 kali per menit. Jantung beberapa orang bahkan ada yang hanya berdetak sebanyak 40 kali per menit. Hal ini terjadi karena metabolisme tubuh melemah dan sistem saraf parasimpatis lebih aktif sehingga memperlambat kinerja jantung dan membuat Anda lebih santai.

Demikian beberapa ulasan mengenai fakta unik jantung, semoga bermanfaat…..

Kumpulan informasi kesehatan untuk Indonesia

Related Posts

Jangan Tidur Setelah Sahur, Hindari Risiko Ini

Jangan Tidur Setelah Sahur, Hindari Risiko Ini

Menjalani ibadah puasa adalah hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim ketika memasuki bulan Ramadan. Pada awal Ramadan, biasanya setiap orang akan menyambut dengan meriah bersama keluarga….

Cara Atasi Sembelit dengan Sederhana dan Cepat

Mengatasi Sembelit dengan Sederhana dan Cepat

Sembelit merupakan kondisi di mana buang air besar menjadi sulit merupakan masalah umum yang dapat mempengaruhi kualitas hidup kita. Dalam menghadapi sembelit ada berbagai cara sederhana yang…

Cara Detoks Tubuh yang Aman dengan Minuman Fiber

Cara Detoks Tubuh yang Aman dengan Minuman Fiber

Detoksifikasi tubuh adalah proses yang penting untuk membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Salah satu metode detoksifikasi tubuh yang aman dan efektif…

Penyebab Asam Lambung Naik Yang Membahayakan Nyawa

Penyebab Asam Lambung Naik Yang Membahayakan Nyawa

Penyebab asam lambung naik adalah organ lambung sedang tidak sehat atau mengalami masalah kesehatan tertentu. Asam lambung merupakan cairan yang tidak berwarna, diproduksi oleh dinding lambung. Fungsi…

Gaya Hidup Sehat Agar Terhindar dari Serangan Jantung

5 Gaya Hidup Sehat Agar Terhindar dari Serangan Jantung

Tahukan Anda bahwa penyakit jantung sampai saat ini masih menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan. Maka dari itu kita sangat disarankan selalu menerapkan gaya hidup yang…

3 Top Minuman Pelangsing Bisakah Menggantikan Serat Buah dan Sayur

3 Top Minuman pelangsing, Bisakah Menggantikan Serat Buah dan Sayur?

Untuk Anda yang tidak suka mengonsumsi sayur dan buah, saat ini telah banyak minuman serat yang katanya bisa memenuhi kebutuhan serat Anda, bahkan lebih baik dibandingkan dengan…