Penyebab Asam Lambung Naik Yang Membahayakan Nyawa

Penyebab Asam Lambung Naik Yang Membahayakan Nyawa
Penyebab asam lambung naik adalah organ lambung sedang tidak sehat atau mengalami masalah kesehatan tertentu. Asam lambung merupakan cairan yang tidak berwarna, diproduksi oleh dinding lambung. Fungsi utamanya dari asam lambung adalah untuk menonaktifkan mikroorganisme yang tertelan bersama makanan dan minuman sehingga menghambat infeksi di dalam usus.

Kadang kala lambung dapat memproduksi terlalu banyak asam dibandingkan dengan jumlah normal, sehingga dapat menyebabkan beberapa gejala yang tidak menyenangkan pada perut.

Ciri tanda yang muncul jika asam lambung sedang tinggi diantaranya adalah: mual, muntah, kembung, diare, nafsu makan menurun dan penurunan berat badan.

Mempunyai asam lambung dengan kadar yang tinggi dapat berisiko terhadap kondisi kesehatan.

Jika terjadi secara terus menerus dan tidak pernah ditangani dengan serius, maka asam lambung yang tinggi ini dapat naik ke kerongkongan atau dapat disebut juga sebagai penyakit refluks gastroesofagus.

Baca Juga:  Rekomendasi Minuman Yang Bisa Melancarkan Pencernaanmu: Vegeta, FibreFirst, Flimty dan Yakult

Tanda asam lambung naik

Asam lambung naik atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) dapat ditandai oleh beberapa gejala, antara lain:

1. Sensasi terbakar atau nyeri di dada:

Gejala ini seringkali muncul setelah makan atau ketika berbaring di malam hari. Sensasi terbakar ini seringkali dapat menyerupai rasa sakit dada pada serangan jantung, namun gejala GERD tidak sama dengan serangan jantung.

2. Mual:

Orang dengan GERD mungkin merasa mual atau ingin muntah setelah makan. Ini bisa terjadi karena asam lambung memicu kontraksi pada lambung dan usus kecil, yang dapat mempercepat proses pencernaan dan membuat mual.

3. Rasa pahit di mulut:

GERD dapat menyebabkan rasa pahit atau asam di mulut, terutama setelah makan.

4. Masalah menelan:

Asam lambung yang naik dapat memengaruhi kerja kerongkongan dan menyebabkan kesulitan menelan atau rasa tercekik.

5. Sakit tenggorokan:

Asam lambung yang naik juga dapat merusak dinding belakang kerongkongan, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan.

Baca Juga:  5 Gaya Hidup Sehat Agar Terhindar dari Serangan Jantung

6. Batuk kronis:

Batuk yang terus-menerus dan tidak dapat diobati mungkin merupakan tanda GERD. Asam lambung yang naik dapat mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan batuk yang berkepanjangan.

7. Peningkatan produksi air liur:

Kondisi ini mungkin terjadi karena refluks asam lambung yang terus menerus.

Obat Asam Lambung Alami

Beberapa obat asam lambung alami yang dapat membantu meredakan gejala GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) antara lain:

A. Kunyit:

Kunyit dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh dan meredakan gejala asam lambung. Anda dapat mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen atau menambahkan bubuk kunyit ke dalam makanan atau minuman.

B. Jahe:

Jahe dapat membantu mengurangi inflamasi pada kerongkongan dan meningkatkan pencernaan. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk teh atau menambahkan jahe ke dalam makanan atau minuman.

Baca Juga:  5 Makanan Enak dengan Serat yang Tinggi

C. Licorice:

Licorice (akar manis) dapat membantu mengurangi produksi asam lambung dan meredakan gejala GERD. Anda dapat mengonsumsi licorice dalam bentuk suplemen atau teh licorice.

D. Pisang:

Pisang dapat membantu melindungi lambung dari efek asam lambung dan meredakan gejala GERD. Pisang mengandung kalium, yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung.

E. Kuning telur:

Kuning telur mengandung lemak sehat yang dapat membantu melapisi dinding lambung dan mencegah iritasi akibat asam lambung.

F. Sayuran hijau:

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi dinding lambung dari efek asam lambung.

Nah, setelah mengetahui obat asam lambung alami diatas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat. Gejala GERD yang sering muncul dan tidak kunjung mereda sebaiknya ditangani secara medis.

Kumpulan informasi kesehatan untuk Indonesia

Related Posts

Cara Atasi Sembelit dengan Sederhana dan Cepat

Mengatasi Sembelit dengan Sederhana dan Cepat

Sembelit merupakan kondisi di mana buang air besar menjadi sulit merupakan masalah umum yang dapat mempengaruhi kualitas hidup kita. Dalam menghadapi sembelit ada berbagai cara sederhana yang…

Cara Detoks Tubuh yang Aman dengan Minuman Fiber

Cara Detoks Tubuh yang Aman dengan Minuman Fiber

Detoksifikasi tubuh adalah proses yang penting untuk membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Salah satu metode detoksifikasi tubuh yang aman dan efektif…

Gaya Hidup Sehat Agar Terhindar dari Serangan Jantung

5 Gaya Hidup Sehat Agar Terhindar dari Serangan Jantung

Tahukan Anda bahwa penyakit jantung sampai saat ini masih menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan. Maka dari itu kita sangat disarankan selalu menerapkan gaya hidup yang…

3 Top Minuman Pelangsing Bisakah Menggantikan Serat Buah dan Sayur

3 Top Minuman pelangsing, Bisakah Menggantikan Serat Buah dan Sayur?

Untuk Anda yang tidak suka mengonsumsi sayur dan buah, saat ini telah banyak minuman serat yang katanya bisa memenuhi kebutuhan serat Anda, bahkan lebih baik dibandingkan dengan…

3 Rekomendasi Minuman Serat Yang Baik Untuk Pencernaanmu: Nutrive Fiber Shot, FibreFirst dan Fibe Mini

3 Rekomendasi Minuman Serat Yang Baik Untuk Pencernaanmu: Nutrive Fiber Shot, FibreFirst dan Fibe Mini

Keberadaan serat merupakan komposisi penting untuk menjaga kesehatan pencernaan khususnya usus, karena 70% kekebalan atau imunitas tubuh berasal dari usus. Hal ini dikarenakan di dalam usus terdapat…

Rekomendasi Minuman Yang Bisa Melancarkan Pencernaanmu: Vegeta, FibreFirst, Flimty dan Yakult

Rekomendasi Minuman Yang Bisa Melancarkan Pencernaanmu: Vegeta, FibreFirst, Flimty dan Yakult

Konstipasi atau sembelit menjadi salah satu masalah pencernaan yang sering dialami banyak orang. Hal ini dapat terjadi jika Anda tidak mengonsumsi cukup serat, kurang cairan, jarang olahraga,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *